Enterprise Resource Planning

Suatu perusahaan pasti membutuhkan informasi yang dengan mudah dan cepat didapat untuk dapat membuat keputusan bisnis yang hebat. Secara spesifik, perusahaan membutuhkan sistem manajemen yang dapat memasukkan data, mengolahnya, dan mengeluarkan informasi yang berharga sesuai dengan permintaan.

Di sisi lain, biaya teknologi yang dulunya dirasa mahal dan tidak dapat dicapai oleh perusahaan kini dapat diimplementasikan bahkan ke perusahaan kelas UKM sekalipun. Dengan tergantikannya mainframe oleh PC / Client-Server, implementasi IT di perusahaan bukan menjadi barang mewah lagi.

Seiring dengan diketemukannya komputer, pada tahun 1960-an, komputer kemuadian diaplikasikan ke dalam merencanakan kebutuhan material yang kemuadian lebih dikenal dengan Material Requirement Planning (MRP). Dekade berikutnya, komputer ini ( yang lebih tepat disebut sebagai tool ) juga mulai digunakan untuk kapasitas produksi. Ketika komputer mulai semakin poweful, muncul ide untuk mengintegrasikan manufacturing dengan sumber daya keuangan. Kemudian istilah MRP diganti seiring dengan fungsinya yang berkembang menjadi Manufacturing Recourse Planning (MRP) atau biasa disebut MRPII.

Dimanakah letak ERP berada ? Bisa dikatakan ERP adalah MRPII. Namun yang membedakan ERP dalam hal ini adalah bahwa ERP menggunakan relational databases, menggunakan CAD terintegrasi seperti Product Data management (PDM), dan sistem yang bersifat portable yang dapat mengintegrasikan sistem lainnya seperti Advanced Planning dan Scheduling (APS), finite scheduling system, dan Manufacturing Execution System (MES).

Dalam bahasa yang paling umum, perusahaan yang mengimplementasikan ERP dapat menikmati kelebihan akan kecepatan, ketepatan, dan keamanan informasi. Hal ini merupakan isu kritis yang harus didapatkan perusahaan dalam rangka untuk mencapai tujuan bisnisnya.

2 thoughts on “Enterprise Resource Planning

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s