Prospek IT ke depan

Prospek IT ke depan ? Banyak yang bilang, “Bagus tuh ..”. Nah, dimana letak bagusnya ?

Letak bagusnya mungkin bisa dilihat paling jelas di Internet. Internet merupakan protokol Teknologi Informasi yang terus berkembang dari tahun ke tahun dan tidak pernah surut sekalipun. Semakin dan semakin banyak perusahaan, apapun bidangnya, untuk memakai IT atau gampangannya : internet, sebagai sarana penyokong fungsi bisnisnya.

Fungsi bisnis apa ? Fungsi bisnis ini bisa saya contohkan seperti ini : Ada sebuah warung nasi goreng di Jakarta yang biasa pakai telpon untuk memberitahu suplier berasnya di Cianjur untuk melakukan pengiriman suplai. Jika transaksi ini diganti dengan aplikasi berbasis internet, maka biaya SLJJ untuk telpon bisa ditekan, tergantung frekuensi transaksinya.

Mungkin saya kurang tepat dalam memberi contoh. Dalam hal ini warung tegal pinggiran malah tidak dianjurkan untuk memakai IT karena hal itu malah bisa jadi bottleneck ( biang masalah ) dari keuangannya ( iki piye to ket biyen dodolan sego goreng gak ono bathine belas ?! Lha wong bathine entek kanggo mbayari kredit komputer karo listrike wae .. ) Mungkin itu bisa menggambarkan seperti apa IT jika diaplikasikan di negara miskin macam Indonesia ini.

Memang, IT adalah solusi yang mahal. Begitu juga dengan elektronik dan mesin pada jaman dulu. Maslahnya bukan di situ, namun di unit usahanya sendiri. Kenapa dari sejak jamannya merdeka sampai jaman reformasi sekarang kok labanya gak tambah-tambah ?! IT malahan bisa menghemat hingga puluhan hingga ratusan kali lipat dari biaya operasionalnya jika tepat diaplikasikan. Otomatisasi bisa dilakukan pada perusahaan manufaktur, Relasi pelanggan bisa dioptimalkan dengan SFA. Mulai dari operasional hingga tindakan strategis, semuanya bisa disokong oleh IT.

Disokong ? Apakah berarti disini IT tidak bisa menjadi pemain utama dalam suatu bisnis ? Sepertinya tidak bisa, ini karena piranti lunak sifatnya adalah abstrak. Namun sistem ekonomi dunia ini sekali lagi membuktikan bahwa teori manusia seringkali salah. Ada yang namanya Virtual Office, yaitu perusahaan yang sebenarnya tidak mempunyai toko secara fisik, tapi virtual. Misalnya ? Oh, banyak. Ada Yahoo!, Google, Amazon, Ebay, dan masih banyak lagi. ( Oh, ya. Semuanya ada di internet ! ). Dan ada lagi perusahaan yang produk ( atau lebih pantas, servis ) utamanya adalah Sistem Operasi dan aplikasi perkantoran. Dan banyak software house yang menawarkan jasa pembuatan software.

Bisa saya katakan. IT punya prospek yang cerah. Bagi pencari kerja, ini adalah bidang yang menjanjikan. Bagi pelaku bisnis, jangan pernah mengacuhkan IT kalau tidak ingin kalah bersaing. Bagi para pemodal, ini adalah bidang yang tepat untuk berinvestasi !

One thought on “Prospek IT ke depan

  1. Woooow,,
    Bagus deh Klo begitu,, soalnya saya tepat sekali kuliah di bidang IT,,,
    terutama Programming,, Insya allah kedepan lebih cerah lagi,, amin

    thanks for your Post!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s