Melakukan coding java dengan baik

Menyikapi hasil coding teman-teman kuliah yang (menurut saya) sulit untuk dibaca, saya ingin sedikit menulis beberapa rangkuman yang saya dapatkan dari pengalaman coding java saya ditambah dengan yang saya lihat di javaranch .

Memang benar bahwa menulis kode java tidak perlu rapi, menuruti kaidah penulisan rule of thumb yang telah diatur oleh Sun atau yang pernah kita baca di JHTP. Namun saya rasa perlu untuk melakukannya sebab ada kemungkinan (kemungkinan yang sangat besar) bagi kode kita untuk dilihat orang lain.

Masalah style coding yang paling umum adalah bagaimana kita mengatur indent tiap baris. Misalnya saja :


import java.util.*;

public class Tes
{
public Tes()
{
super("ini adalah tes");
}
}

Sebenarnya bisa ditulis sebagai berikut :

public class Tes
{
	public Tes()
	{
		super("ini adalah tes");
	}
}

Kita bisa menilai sendiri, kode mana yang mudah dibaca dan tidak.

Kemudian masalah Spacing, kadang saya juga meremehkan aturan seperti ini. Misalnya ketika kita menulis method, nama method harus diikuti oleh parenthesis tanpa spasi :

foo (i, j); // ini salah
foo(i, j); // ini benar

Sebaliknya, jika kita mendeklarasikan keyword control structure seperti if, else, for, switch dan catch harus diikuti dengan spasi :

if(kondisi) // ini salah
if (kondisi) // ini benar

Dalam menentukan urutan dalam pendeklarasian Class, sepertinya kita harus mengikuti aturan seperti ini :

class Tes
{
// fields (attributes)

// constructors

// methods
}

Untuk aturan seperti ini, saya sebagai pengguna Netbeans jadi agak sedikit bingung harus mengikuti peraturan yang mana. Ini karena jika kita pernah menggunakan Netbeans, atribut terletak di urutan yang paling bawah. Well, namanya juga Rule of Thumb. Terserah bagi developer mau mengikuti aturan ini atau tidak ..

Dan yang tidak kalah pentingnya adalah penamaan Class. Seringkali ketika membaca program teman-teman saya, saya tidak bisa membedakan nama sebuah class, method, atau field. Menurut aturan style coding, penamaan Class diawali dengan huruf kapital, sedang selain Class diawali dengan huruf kecil. Aturan-aturan lain juga berlaku seperti yang ditetapkan oleh Sun , yaitu, karakter pertama dari nama sebuah atribut (Class, method, dll) tidak boleh diawali dengan angka dan karakter khusus lainnya(?). Yang perlu kita simpulkan disini sebenarnya adalah mudah : Jangan melakukan hal yang aneh-aneh dalam penamaan sebuah atribut Java ..

One thought on “Melakukan coding java dengan baik

Tinggalkan Balasan

