Jam Tidur

Ahh.. Semester ini mulai hari Selasa sampai Jum’at masuk jam 07.30. Bukan jam yang menyenangkan untuk mahasiswa ..

Heran. Dulu waktu SMA masuk jam 06.30 mulai Senin-Jum’at nggak pernah mengeluh..

Sebagai seorang muslim, saya selalu bangun sekitar jam 4-5 pagi untuk sholat Subuh. Tentunya ini adalah ide yang positif mengingat pagi hari udaranya segar, baik untuk tubuh. Sebagai akibatnya, kita harus tidur sekitar jam 8-9 malam agar bisa bangun pagi.

Praktek sering tidak sejalan dengan teori. Kadang saya bisa terbangun sendiri jam 5 pagi, tanpa alarm. Namun mulai sekitar jam 9 pagi, saya mulai merasakan sisa-sisa kantuk yang berusaha membujuk saya untuk kembali ke tempat tidur. Apalagi kalalu kuliah pas mata kuliahnya atau dosennya monoton. Biarpun sudah tidur cukup, tetap saja diri ini merasa ingin tidur.

Satu lagi, tentang tidur siang. Biasanya jika kita lagi lembur sehingga harus tidur tengah malam, tentunya kita akan memaksakan diri untuk tetap bangun subuh. Mulai masuk jam 9 pagi hingga siang, kepala sudah pusing, perut agak sedikit mual, punggung sudah pegal-pegal. Bertahan untuk tidak tidur adalah suatu siksaan yang berat. Namun hati-hati. Setelah tidur siang, badan jadi terasa segar, tapi akibatnya kita nggak nagantuk-ngantuk jetika jam 8-9 malam. Akibatnya, kita baru tidur jam 12 malam dan (lagi-lagi) kita bangun subuh dengan badan yang masih sangat mengantuk. Hmm, ini tak ubahnya seperti lingkaran setan. Paling celakanya lagi, kuliah pagi jadi tidak bisa konsentrasi dan pada akhirnya nilai jadi jelek. Hmm ..

3 thoughts on “Jam Tidur

  1. pernah nyoba ga, tidur abis isya, trus bangun jam 11 atau 12, baru dilanjutin kerjaannya.. kaya’nya sih, klo gini lebih baik.. tapi tentu saja memulainya ga bisa dalam kondisi mendesak.

    gmn?

    haikal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s