Anomali TA

Memang, Tugas Akhir atau TA bagi sebagian mahasiswa bisa dikatakan sesuatu yang sakral. Kenapa sakral ? Coba anda amati dengan seksama, bagaimana seorang mahasiswa yang mengerjakan TA akan diperlakukan istimewa oleh lingkungannya. Misalnya saja, kalau kita sedang TA dan kebetulan belum punya komputer, kita tinggal minta orang tua dan kita pasti dibelikan komputer. Hal ini belum tentu terjadi kalau kita tidak sedang TA. Contoh lagi, kalau kita sedang ngerjakan TA di lab, kita tidak akan bisa diusir, bahkan oleh kegiatan sekelas Demo atau Praktikum sekalipun. Bahkan kita bisa minta hak khusus ke administrator karena kita sedang mengerjakan TA. Hak khusus tersebut bisa saja seperti komputer pribadi, login admin, domain khusus, dan hak-hak lainnya.

Lain lagi bagi sebagian mahasiswa, TA dianggap sebelah mata dan hanya dianggap sebagai salah satu mata kuliah wajib untuk prasyarat kelulusan. Pernah saya lihat salah seorang senior saya yang membuat aplikasi web shopping cart dengan framework PHP dan proposal TA yang dia buat diterima dengan mudah tanpa ada hambatan apapun. Bukankah aplikasi semacam itu sudah banyak di internet ?

Lebih ekstrim lagi, banyak TA yang dialihdayakan ke orang lain. Istilah indonesia-nya, “pelacuran intelektual”. Saya sampai saat ini tidak berani menyalahkan orang semacam ini, karena apa ? Karena kesalahan tidak terletak pada mereka, tapi pada SISTEMNYA ! Seharusnya perlu ditanyakan lebih lanjut, apa alasan mereka melakukan hal semacam itu. Kalau memang mereka merasa tidak mampu mengerjakannya, berarti salahkan sistem pendidikan di kampus mereka yang seharusnya membuat mahasiswanya menjadi lebih berilmu dan menjunjung tinggi sportivitas, malahan menjadikan mereka bermental pejabat korup yang sukanya membeli sesuatu ketimbang membuat sendiri dengan berbagai alasan. Bapak-bapak, ingat! Bangsa Indonesia bukan orang yang punya banyak uang ! Satu-satunya modal yang masih bisa kita andalkan (mungkin satu-satunya yang bisa kita andalkan ) adalah SDM dan mungkin industri software. Saya jadi nggak yakin, kapan bangsa ini bisa maju ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s