HTTP Status 404 – Servlet action is not available di Struts 1.x

Waktu pengerjaan TA tinggal kurang dari 3 bulan lagi dan tiba-tiba saya mendapat kesalahan yang sungguh membuat saya pusing. Bagaima tidak ? Kesalahan ini sepertinya tidak berujung pada satu solusipun.

Setelah gagal memperebaiki kesalahan dengan merestart tomcat, saya memutuskan untuk menanyakan perihal hal ini ke milist jug. Dari milis saya mendapat informasi yang berguna bahwa kesalahan ini terjadi karena salah konfigurasi pada struts-config.xml atau web.xml. Tetap saja tidak memecahkan maslaah bagi saya. Ini karena saya ingat betul kalo tepat sebelum error ini terjadi, aplikasi saya dapat berjalan dengan baik.

Anehnya, ketika saya melakukan hal yang bisa dibilang nyeleneh dengan menciptakan project baru dan meng-copy-paste folder src dan web saya ke project yang baru saya buat, saya run, eh baik-baik saja !

Beberapa hari kemudian, teman saya yang juga mengerjakan TA ( yang akhirnya juga ‘terbujuk’ untuk memakai Struts) juga mengalami hal yang sama di laptopnya. Dan lebih anehnya, cara nyeleneh saya tidak berhasil pada kasusnya. Sungguh aneh …

Sebenarnya saya sangat penasaran dan ingin mencari tahu musababnya lebih lanjut, tetapi karena tenggat waktu dimana dalam kurang dari dua bulan ini saya harus menyelesaikan TA saya ( sebulan saya sisakan untuk membuat buku TA ), rasa penasaran saya harus saya pendam dulu. Ditambah lagi, hingga kini jika saya menjumpai kesalahan seperti ini, solusinya adalah merestart tomcat dan semuanya kembali seperti keadaan semula …

Tinggalkan Balasan

