FreeCol : Game Open Source berbasis Java

freecol

Semuanya bermula dari sebuah praktikum di Sabtu pagi ketika saya duduk dengan salah seorang teman saya di sebelah saya. Bukannya memperhatikan, dia-nya malah membuka web browser dan asyik internetan (he.. he.. he.. saya juga melakukan hal yang sama waktu itu). Yang menarik, dia membuka situs tentang game Open Source. Hmm, emang iya ada game yang sifatnya Open Source ya ? Kalo dipikir-pikir juga gak bisa dimasukin ke akal. Apakah mau ada orang yang ngerjain software games yang notabene gak bisa dijual dengan sukarela ? Ternyata ada lho !

Kebetulan sekali, situs game Open Source itu juga menampilkan banyak game berikut jenisnya yang juga bisa didapat di repositori Ubuntu di komputer saya. Alih-alih melanjutkan TA saya, saya malah tergoda untuk mengunduh game itu dan mencobanya satu-persatu. Dari semua game yang saya coba, rata-rata cukup bagus dan bisa dibilang gak kalah sama games berlisensi yang selalu orang Indonesia mainkan dengan crack. Namun saya masih belum puas karena saya belum menemukan games yang sesuai dengan selera saya, yaitu jenis Empire Building Turn-based Strategy. Saya menemukan beberapa game yang bagus, antara lain : Battle of Wesnoth, Freeciv, Widelands, dan akhirnya FreeCol !!

Kenapa FreeCol ? Kenapa saya mengakhiri pencarian saya di FreeCol, ini karena FreeCol kembali membangkitkan kenangan saya saat bermain Civilization III. Game Civilization III adalah game terbaik dari apa yang telah saya mainkan selama ini. Cara bermain dari game ini sebenarnya agak kompleks untuk seukuran orang yang lebih suka game fighting atau balapan. Game ini adalah game turn-based 2 dimensi yang mempunyai banyak sekali fungsi control. Kalo dilihat sekilas hampir sama seperti catur, tapi seperti yang saya bilang, lebih kompleks. Kita bisa meilih salah satu peradaban dunia dan bermian mulai dari zaman batu hingga zaman modern. Juga ada permainan ekonomi, sosial, teknologi dan juga politik (seperti dunia beneran kan? ).

FreeCol hampir mirip, tetapi ceritanya berbeda. Dalam hal ini FreeCol dimainkan dengan sebuah awal dimana kita berperan sebagai Kolonis dari Eropa yang mencari tempat baru untuk ditinggali di benua Amerika. Kalau anda masih ingat dengan sejarah, para Kolonis itu adalah orang-orang minoritas atau musuh politik dengan para Monarki di Eropa. Maka dari itu, walaupun kita mempunyai suatu kebangsaan di Dunia Baru (sebutan untuk benua Amerika waktu itu), Para Raja di Eropa mempunyai rasa anti dan tidak suka pada para Kolonis. Oleh karena itu mereka menerapkan pajak yang progresif kepada Koloni mereka di Dunia Baru sekaligus membentuk Pasukan Ekspedisi untuk menakut-nakuti koloni mereka sekaligus untuk meredam pemberontakan mereka di kemudian hari. Tujuan kita sebagai para Kolonis ( untuk menamatkan game ini ) adalah melakukan deklarasi kemerdekaan dan selamat dari serangan Pasukan Ekspedisi Monarki negara Eropa tempat kita berasal. Pada awalnya, kita berusaha memajukan koloni kita dengan memproduksi barang yang kemudian dijual atau untuk keperluan sendiri. Pada prosesnya, kita akan bertemu dengan Koloni negara Eropa lain dan suku Indian yang kita bisa memilih untuk berdagang dengan mereka, atau jika perlu memerangi mereka.

Game ini cukup menarik dan membuat saya menghabiskan waktu berjam-jam untuk menamatkannya (saking senangnya). Ceritanya memang agak mirip dengan filmnya “The Patriot”, namun gameplay-nya sangat mirip dengan Civilization III yang pernah saya mainkan. Belakangan saya tahu bahwa FreeCol adalah versi bebas (gratis) dari Colonization, game yang dibuat oleh pembuat Civilization III. Walaupun bgeitu, saya masih menyayangkan beberapa bug dan fitur-fitur yang kurang dari game ini, yaitu kurang sempurnanya Auto-Trade dan game yang sering hang tiba-tiba jika kita mengarahkan unit non-combat ke petak yang diduduki musuh. Bagaimanapun juga, adanya game Open Souce macam FreeCol ini membuka wawasan saya, ternyata semangat Open Souce itu juga ada di dunia Game. Dan tentu saja, saya sangat berterimakasih pada pencipta FreeCol dan para pengembang yang mau meluangkan waktunya untuk membuat game ini. Karena game ini terbuat dari Java, yang merupakan satu-satunya bahasa pemrograman yang saya kuasai, mungkin saya akan sedikit menawarkan jasa saya untuk memperbaiki bug yang ada, ataupun sekedar menambah fitur-fitur yang ada ( tunggu kalo TA-nya udah kelar ya! ). Saya sangat senang dan puas sekali. Oh ya, sampai lupa. Saatnya kembali ke TA ..

4 thoughts on “FreeCol : Game Open Source berbasis Java

  1. thanks infonya….sering2 upodate yak…hehehehe
    public class salam();
    {int i=10000;
    System.out.println(“Salam kenal”+i+”x”);
    }

  2. bagus sekali info mas or bapak…salam kenal ya…saya juga sedang mencari game open source yg 3D kira2 apa ya???ada ya tw…boleh sharing2 lewat email or chat langsung ma saya email or YM=arie_zawa@yahoo.com tkhs…

Tinggalkan Balasan

