Setting koneksi internet GPRS dialup menggunakan hp di Ubuntu

Melakukan setting koneksi internet dialup dengan handphone anda sebagai modem di Ubuntu adalah mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya :

1. Siapkan device yang diperlukan

Siapkan Handphone anda ( yang mendukung GPRS dan modem dialup ) serta kabel data (jika menggunakan). Dalam hal ini saya menggunakan HP Nokia 6020 dengan Kabel Data DKU-5 / CA-42

2. Pastikan semua device anda telah terpasang

Pasangkan kabel data anda dengan HP dan PC anda. Pastikan bahwa kabel data telah terpasang dengan benar baik di PC anda maupun HP anda.

3. Buka Terminal

Buka Terminal melalui Application > Accesories > Terminal

4. Ketikkan “sudo wvdialconf” di Terminal

Perintah ini akan mendeteksi secara otomatis konfigurasi modem yang telah anda pasang.

wvdialconf

5. Masuk ke direktori /etc dengan mengetikkan “cd /etc”.

6. Edit wvdial.conf dengan mengetikkan “sudo gedit wvdial.conf”.

7. Tambah APN, user dan password yang anda punya ke dalam wvdial.conf.

8. Simpan wvdial.conf dengan menekan tombol Ctrl+S pada Text Editor.

9. Keluar dari Text Editor.

10. Ketik “sudo wvdial” pada Terminal dan jika setting telah benar maka dalam beberapa saat anda telah terhubung ke internet.

Berikut ini contoh wvdial.conf yang saya gunakan (barangkali ada yang sama, bisa langsung dipakai) :

[Dialer starone]
Modem = /dev/ttyUSB0
Init1 = ATZ
Init2 = AT+CRM=1
Stupid Mode = yes
Modem Type = Analog Modem
Phone = #777
New PPPD = yes
ISDN = 0
Username = starone
Carrier Check = no
Password = indosat
Baud = 230400

[Dialer mentari]
Init1 = ATZ
Init2 = AT+CGDCONT=1,”IP”,”indosatgprs”
Init3 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
Stupid Mode = yes
Modem Type = Analog Modem
ISDN = 0
Phone = *99***1#
New PPPD = yes
Modem = /dev/ttyUSB0
Username = indosat@durasi
Carrier Check = no
Password = indosat@durasi
Baud = 230400

[Dialer axis]
Init1 = ATZ
Init2 = AT+CGDCONT=1,”IP”,”AXIS”
Stupid Mode = yes
Modem Type = Analog Modem
ISDN = 0
Phone = *99***1#
New PPPD = yes
Modem = /dev/ttyUSB0
Username = axis
Carrier Check = no
Password = 123456
Baud = 230400

34 thoughts on “Setting koneksi internet GPRS dialup menggunakan hp di Ubuntu

  1. tutorial nya singkat bener, ku udah colok tuh dku-5 nya tapi gak langsung kedetek n pas diketik wvdial juga malah error….

    gimana ada solusi biar deteksi manual tidak…..

  2. > Duch ribet bgt pake ketik2 mw connect gprs aja. enakan di windows tgl klik-klik jd dech koneksi gprs pake hape ke pc…..

    Perasaan tambah ribet dech pake Win**** kalau pake hp setahu saya mesti pake PC Suite dulu untuk bisa koneksi ke internet, kalau toh pake bluetooth juga mesti install dulu driver bluetoothnya. Bayangin kalau driver-driver tersebut gak ada??? Pengalaman pake ubuntu dengan wvdial dan mandriva dengan kppp lebih ringkes dech.. pendapat aja sech

  3. klo ga salah modemnya harus ke detect dulu kan??
    katanya dicoba pake lsusb..trus pake wvdial..
    22nya ga da yang ngedetect modem saya..
    ???

  4. makasih mas kebetulan aku lagi cari tutorial yang kaya gini, mau coba connect lewat os linux, nanti kalo gagal aku tanya lagi yac..
    mas aku masih bingung tentang driver yang digunakan, apa hp aku SE k530i, diperlukan biyar bisa konek internet di os ubuntu ini??
    mas kalo gnome-obex-server 0.91 ini dierlukan tidak di hp aku??
    -makasih-

  5. Bro, gw udh coba semua langkah tapi kok gagal yah. yang jadi tanda tanya disitu waktu “sudo gedit wvdial.conf”, kan ada tuh
    ;phone=
    ;username=
    ;password=

    bls donk bro kalo bisa ke email thx yah

  6. ‘resep’nya ma’nyuzzzzzz……. thx banget mas Irfan….
    aku pake hp samsung cdma s179 + kabel data + fren
    tadinya bingung mau disconnectnya gimana ya (?)… ternyata cuman tinggal di ctrl+c ajah di consolenya…. hehehe

  7. mas aku udah bisa connect pake bluetoothnya tapi masi ada errornya, kayaknya configurasi wvdialnya… bisa kasih contoh penulisan apn, dll di wvdial.conf ga?? error mulu neh

    blogku : buatblog56.wordpress.com

  8. Mas, mohon penjelasan. APN, user dan password dapat dari mana yah.
    aku udah buka wvconf yang ada tulisannya gini
    ;phone=
    ;username=
    ;password=
    maklum lom pernah pake hp sebagai modem. HP saya juga nokia 6020 dan saya pakai simpati dan xl untuk simcardnya. Thanks penjelasannya

  9. @k.hidayat : APN, user dan password bisa cari di google, banyak koq :>

    Setelah melakukan command wvdialconf, hilangkan semicolon(;) yang ada di wvdial.conf, dan isi phone dengan *99***1# (untuk koneksi GPRS, kalo tidak salah), username dan password disesuaikan dengan operatornya. Misal : username = wap
    password = wap123

    Jangan lupa isi APN-nya, ini juga tergantung operator yang dipakai. (Coba lihat di contoh wvdial.conf yang saya pakai, mungkin bisa menginspirasi anda๐Ÿ˜€ )

  10. alhamdullillah gue dah coba dial up dengan HP SE K810i +Ubuntu ME 8.04, sangat sederhana, hanya beberapa langkah saja :
    Khusus untu New Be ga perlu repot-repot untuk segala macam tetek bengeknya di linux, karena linux di buat untuk memudahkan semuanya, bukan mempersulit , Start Now.

    Setting dari sisi HP SE K810i
    Langkah 1 :
    Pastikan HP SE K810i udah bisa buat koneksi ke Internet, dengan meng-klik tombol yang ada tanda bola dunia.
    Langkah 2 :
    Untuk menghidupkan jaringan (Ethernet di HP)
    Masuk Menu >> Setting >> Conectivity >> USB >> USB Internet >> Turn on

    Dari sisi Ubuntu 8.04 (Hardy Heron)
    Langkah 1 :
    Masuk Menu Administration >> Network
    click unlock untuk menjadi Administrator terus pilih Wired Connection >> klik OK.

    Email : destyokbm@gmail.com

  11. tetep aja. lebih mudah windows. Meskipun harus install ini, itu. Tapi, orang awam ngerti. Anak-anak udah pada bisa nginstall di windows. Kalau di linux, harus orang yang bener-bener mau belajar. Jujur aja dech.. Tapi, terus terang di linux lebih cepet. Waktu saya pake modem smart. Saya pake mandriva, dan gak bisa ngikutin tutorial di atas.

  12. sip mas..tak cobae..pi tiap mau koneksi pa harus melakukan langkah2 tadi mas???
    hehe..saya baru belajar ubuntu…mas jadi ga tau
    terima kasih..๐Ÿ™‚

    • Kalo di Ubuntu Jaunty (9.04) udah langsung ndetect hampir semua tipe modem (gak perlu wvdial), tapi enggak tau kenapa kalo nyolokin modemnya tidak sebelum ubuntunya start, modem saya gak mau ndetek, jadi tetep pake wvdial …

      Kalo udah dikonfigurasi, ya tinggal ketik “wvdial” aja di terminal. Atau kalo mau lebih gampang, tambahin aja Application Launcher di panel atas.

  13. kalo pake 9.04 dah pernah coba blum mas???
    aku pake modem cdma juga, tapi ga kedetek langsung, jadi harus pasang modem sebelum booting, coz klo pasang saat udah di desktop ubuntu, wvdialnya ga connect…
    gimana cara agar bootingnya langsung kedetek usbnya??
    aku dah gugling n dah tak coba juga tetep aja gak mau…
    thank..

  14. Aku pake ubuntu 9.04 jaunty, modem pake nokia 7610 dku-5, sudah kedetek. Tapi tiap kali kasih perintah sudo wvdialconf, hasilnya selalu command not found. Udah 3 hari setting gak bisa2, pake AXIS. Bantuin ya!

Tinggalkan Balasan

