Monitor LCD GTC Millenia “Out of Range” di Ubuntu 7.04

Saya baru saja membeli sebuah monitor LCD 15″” (Merknya GTC Millenia LD-500KT). Saya tidak tahu persis berapa harga aslinya, namun saya berhasil mendapatkan harga yang cukup pantas untuk sebuah monitor LCD 15″”, yaitu seharga Rp. 1.475.000,- (aslinya sih Rp. 1,5 juta, tapi habis saya tawar, penjualnya ngasih diskon Rp. 25.000,-😀 ). Karena saya belinya di Bali (Rimo di Denpasar), mungkin harga di daerah Jakarta atau Surabaya bisa lebih murah ? Entahlah, yang penting saya bisa mendapatkan barang ini dengan cepat, nggak begitu peduli sih dengan beda harga yang mungkin terpaut hanya beberapa puluh ribu, toh saya gak beli banyak😀.

Monitor LCD GTC Millenia
Sumber : www.gtc.co.id

Monitornya setelah saya coba di Windows XP (bajakan :D) saya cukup memuaskan. Walaupun sebenarnya ada kekurangan yang saya kurang begitu suka, yaitu efek “negatif film” yang biasa kita lihat di layar LCD kalo kita melihatnya dari samping. Yah, wajar memang untuk layar LCD, karena dimana-mana katanya memang begitu. Tapi monitor LCD Dell di kantor saya bisa tuh dilihat dengan jelas dari samping (Hmmm …). Ah, gak apa-apa deh. Toh dengan harga segitu sudah murah. Dan ditambah lagi, LCD saya ini ternyata ada speakernya! Jadi sangat cocok untuk dipakai nonton TV memakai TV Tuner internal saya😀.

Setelah puas melihat tampilan Windows XP (bajakan), saatnya mengetes tampilan Ubuntu Feisty saya dengan monitor saya ini. Celakanya, saya mencoba masuk dan langsung monitor saya ini mengeluarkan tulisan “Out of Range”. Oh, mungkin itu karena resolusinya kali ya, pikir saya waktu itu. Segera saja saya utak-atik file xorg.conf yang ada di direktori /etc/X11 via nano. Saya coba melakukan beberapa eksperimen, dan dengan perasaan kecewa akhirnya tampilan Ubuntu saya hanya bisa ditampilkan dengan resolusi 800×600😦

Yang saya herankan di sini adalah : kenapa Ubuntu saya tidak mau melakukan deteksi secara otomatis ? Walaupun saya mencoba perintah “sudo dpkg-reconfigure -phigh xserver-xorg”, tetap saya hasilnya “Out of Range”. Akhirnya dengan tampilan 800×600 (yang sangat mengganggu karena tampilan layarnya jadi kecil dan dempet), saya melakukan koneksi gprs im3 dan mencari informasi saya seputar masalah saya. Setelah 2 minggu berlalu (melalui mailist id-ubuntu, ubuntuforums.org, dan google tentunya), akhirnya saya menemukan masalahnya😀. Ternyata eh ternyata, bottleneck-nya ada pada driver video saya yang kebetulan adalah intel onboard yang drivernya adalah “xserver-xorg-video-i810”, ternyata memang bermasalah dan perlu diganti dengan “xserver-xorg-video-intel”. Hehe, just as simple as that😀 . Saya restart gdm saya, login, masuk ke System > Preferences > Screen Resolution, dan akhirnya ada option “1024×768” dan Refresh Rate “60 Hz”. Yes! Akhirnya saya kembali ke enviroment saya! Selamat tinggal WIndows XP bajakan😀 (hehehe)

10 thoughts on “Monitor LCD GTC Millenia “Out of Range” di Ubuntu 7.04

  1. @setya : Wah, sori. Referensinya kurang lengkap ya😀 . Dan lagian masalahnya cuman muncul kalo video card kamu Intel onboard dan driver videonya masih lama.

    @fetro : Masih butuh untuk latihan mrogram dotNyet😀 . Tp gak usah khawatir. Browsing, email, segala kegiatan yang gak butuh “Windblows” aku selalu pake Ubuntu koq😀

  2. lappieku kan intel onboard ^_^
    meski ubuntu terpaksa kuberhentikan sementara, HD externalku yang 80 GB rusak, so mesti nyaplok sisa space (yang dipake ubuntu) buat naruh data dan segala kebutuhan aplikasi – mulai dari adobe series yang makan GB, oracle, matlab sampe VS 2008)😐
    kayaknya bakal bye bye ama ubuntu sampe 203 semester kedepan deh

  3. yang begitulah open source.. masih ada bugs dimana mana… hueeeuheueh …

    weh makan makan neh monitor baru….

  4. @Senteleng Gonjet : Untuk beberapa kasus tertentu, produk Open Source bisa lebih baik dari Propietary lho.

    Misal : Bagus mana Firefox ama IE ? MySQL ama MSSQL ? dsb dsb ….

    Alasan utamanya sih : Harga. Hehehe … daripada kudu beli software yang lebih mahal dari harga hardwarenya😀

  5. salam kenal sebelumnya….

    n maap neh mo nanya, aq kahn punya lcd monitor 15″ BENQ n pake XP SP3 tapi koq resolusinya nggak ada 1024×768 malah adanya 1280×720. soalnya ada game yang Cuma support di resolusi 1024×768… mohon bantuannya……

Tinggalkan Balasan

