Pengalaman Hari Pertama memakai IM2 Broom Unlimited

Sejak membeli modem Sierra AirCard 875U milik temen saya, niatnya sudah (agak) bulat untuk pergi ke Grapari Telkomsel terdekat untuk berlangganan Flash. Sebelum niat saya terlaksana, keburu dengar kabar tak sedap tentang memburuknya koneksi Flash di daerah Denpasar dan sekitarnya, akhirnya niat untuk berlangganan urung terlaksana …

Karena sudah terlanjur membeli (ehm, lebih tepatnya, mencicil😀 ) modem HSDPA, alangkah ruginya kalo cuman dipake koneksi GPRS atau bahkan dianggurin, mengingat selama ini saya sudah cukup puas dengan internet Starone prabayar saya (yang lebih murah berkat NGORBIT-nya si Giring😀 ). Baru pada minggu lalu, denger-denger kabar kalo Indosat mengeluarkan paket unlimited-nya di Bali. Akhirnya pada hari Sabtu kemarin, saya ditemani oleh dua orang (yang sebenernya gak ada keinginan untuk berlangganan internet) untuk pergi ke Galeri Indosat di Jl. By Pass Ngurah Rai. Setelah sabr menunggu selama 1.5 jam (disambi internetan gratis di komputer yang dianggurin deket waiting room ), akhirnya tibalah giliran saya dipanggil oleh mbak2 bersuara datar. “Nomor 331”, itulah nomor urut saya. Dan setelah tanya-tanya sama mbak CS-nya, didapatlah informasi sebagai berikut (sekalian saya share, siapa tahu ada yang belum tahu ) :

IM2 Broom Unlimited adalah akses internet unlimited lewat jaringan 3.5G dari IM2 dimana metode pembayaran adalah tetap setiap bulannya dengan menggunakan voucher.

Harganya adalah Rp. 150.000,- untuk pertama kali membayar, bulan selanjutnya sebesar Rp.100.000,- .Kecepatannya mungkin cuman 256 kbps hingga 2GB pemakaian, yang akan berkurang hingga 64 kbps setelahnya. Tetapi yang mungkin perlu dipertimbangkan adalah harganya (bandingkan dengan Quasar dan XL Corporate lainnya yang mematok Rp.300.000,- untuk kuota unlimted). Walaupun terbebani dengan resiko bahwa paket ini mungkin akan bernasib sama seperti Flash, setelah mempertimbangkan berbagai hal (dan karena gak ada pilihan lain yang lebih murah dari ini), maka saya akhirnya mengambil paket IM2 Broom unlimited.

Untuk testing kecepatannya, pertama nyoba jam 10 malam hari sabtu kemarin sih, lumayan cepet. Cuman ada beberapa kesulitan saat nyambungnya (mungkin ini karena pake windows ???), akhirnya saya coba pake wvdial Ubuntu, dan tersambung tanpa masalah yang berarti🙂 .

Berikut ini trafik bandwith yang saya rangkum selama sehari (Hari Minggu, 26 Oktober 2008) :

 

screenshot-gkrellm-2610-0820

screenshot-gkrellm-2610-0820

screenshot-gkrellm-2610-1102

screenshot-gkrellm-2610-1102

screenshot-gkrellm-2610-2041

screenshot-gkrellm-2610-2041

Beberapa fakta mengenai IM2 Broom Unlimited sejauh yang saya tahu :

  • Kecepatannya mencapai maksimal saat subuh/pagi hari dan lemot saat malam hari/tengah malam.
  • Kecepetan maksimal yang pernah saya dapat adalah 31 KBps (hampir sesuai dengan kecepatan teori 256 Kbps / 32 KBps) dan 0 KBps pada malam harinya.
  • Seringkali saat koneksinya lagi pas lemot-lemotnya, saya bahkan tidak dapat menyelesaikan loading satu web. Koneksinya menunjukkan idle yang sangat lama, namun ketika di-refresh, koneksinya baru mau jalan lagi.

Berikut ini contoh wvdial.conf IM2 Broom saya, barangkali bisa membantu :

[Dialer broom]
Auto DNS = Yes
Init1 = ATZ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
Init3 = AT+CGDCONT=1,”IP”,”indosatm2″
Stupid Mode = Yes
ISDN = 0
Modem Type = Analog Modem
New PPPD = yes
Phone = *99#
Modem = /dev/ttyUSB0
Username = ***nama user anda***
Password = ***nama password anda***
Baud = 9600

53 thoughts on “Pengalaman Hari Pertama memakai IM2 Broom Unlimited

  1. mas, kalo im2 broom pake modem hp bisa ga ya? habis saya ga punya dwit utk beli modem. mohon info settingan im2 broom di nokia 6120 classic, trims mas.

  2. kenapa gak bisa ? Bukannya sama aja, pake modem beneran atau pake modem hp, tinggal colokin, pake wvdial pasti langsung konek. Hehehe …

    Btw, mas katrok pake’ ubuntu kan ?

    Kalo pak windows, gampangnya ya lewat Application Suite bawaannya HP-nya sampeyan …

    CMIIW

  3. nunut pak …

    btw bukannya lemot ga nya juga bergantung pada jumlah user yang make dan juga bts nya …

    klo di sini jam 10 (malam) an udah lumayan (ga lemot-lemot amat)

  4. @noval :

    kemarin malem aku nyoba, koneksinya juga normal. Tp tadi malem lagi-lagi koneksi zombie. Hmm, sepertinya memang konksi Unlimited ini agak di’anaktiri’kan kali ya ??

    Kalo ada koneksi kuota, pasti didulukan ketimbang koneksi unlimited (logikanya sih seperti itu ) …

    Yang pasti, subuh pasti lancar😀 …

  5. Mas,saya baru nyobain IM2 n hasilnya sich gak buruk-buruk banget diwindows xp.. Saya mau koneksiin IM2 saya diLinux, saya make linux ubuntu 8.04 dan sebagi modem saya gunakan Hp,SE G502… Mohon bantuannya….🙂 dah utak-atik n serching blom nemu jawabanya….

  6. @ena :
    udah utak-atik n searching ? aah, masa’ searching gak nemu ;;)

    Cara saya yang terbukti berhasil sejauh ini (menurut saya) bisa dilihat disini.

    Untuk contoh wvdial.conf saya sudah saya tambahkan di halaman ini.

    JIka masih tetep menemui kesulitan, konsultasikan masalah anda di milis ini : id-ubuntu@googlegroups.com.

    Semoga membantu🙂

  7. boncu sudah pake IM2 Broom, sinyal HSDPA 3 bar klo diluar jndela, 1 bar klo d masukin kamar. Speed download 380 kb/s & upload 91 kb/s server jakarta. Boncu tinggal d Perum 1 bekasi. sampai saat ini koneksi masih lumayan cepet (dr pd T-Instant).
    smga gak ngedrop & tarifnya semakin murah……..

  8. Beda dengan flash….
    pernah download speed sampe 200KB/s (gila!!!)
    tapi bwt browsing,, waduh. @-)
    paket unlimited maupun time-based Sama..
    SAMA-SAMA LEMOTnya,,
    jalannya bagai siput keselo yang habis ketabrak motor @_@

    jadinya, sejak bulan lalu, balik lagi ke speedy,,, lebih stabil trutama bwt browsing.
    ^_^

  9. hua…IM@ lemot..baru pake beberapa hari…udah lemot….jam sibuk no koneksi malah… 0 bytes!!cuma bisa ngenet kayaak kalong….dini hari atau puagi hari subuh…huhuhuhu…tau gini mending warnet!!!! happy hour 1500 perak sejam!! cepet wuzz..wuzzz…

  10. @imsuryawan : ke rimo? mau ngapain? mau jualan ?😀

    @ronni : lemot enggaknya kayaknya tergantung daerahnya deh, bung. Kalo di daerah anda memang internetnya IM2 “Sapu” ini lemot, ya cari alternatif internet yang lain aja🙂

  11. walah katro tenan im2. gw baru download 200mb. besok2nya dah gak bisa browsing sama sekali, 2hari . ketauan gw pake im3 biasa masih bisa browsing. heks…males bgt jadinya pake im2

  12. @fery : pernah. Biasanya pas malem kadang susah konek. Walaupun akhir-akhir ini masalah itu sudah gak ada, aku juga gak berani njamin bahwa gak akan ada lagi masalah (motonya : jangan percaya penuh sama provider apapun😀 ).

    Alangkah baiknya kalo bung fery survey dulu, di deket tempatnya ada yang sudah pake IM2 ? Kalau ada, coba tanya ke mereka tentang kualitas jaringan berikut masalah2 yang mungkin mereka alami. Ini karena tiap daerah perlakuannya beda. Ada yang cepet, ada yang lambat, ada yang puas, ada yang bahkan sampe’ komentar2 marah di kompas.com🙂 . Intinya, survey daerah anda dulu sebelum berlangganan.

  13. hasil survey selama sebulan mas, M2 cepet2nya pas habis jam dua ampe subuh, di sini saya bisa direct download ampe dapet 35 kbps(jogja) bahkan ada kalanya saya share dengan komputer teman si kosan.tapi ini adalah bulan kemaren

    Bagi yang mau berlangganan, hehe, di harap siap dengan kenyataan bahwa belakangan ini koneksi IM2 Sering melambat, bahkan sampai ke titik 0kbps.(saya pake IDM hanya dapet +-860 bps )

    Saya rasa indonesia masih perlu perbaikan di bidang telekomunikasinya yah.

    Terima kasih postingannya

  14. bbrp waktu lalu nemeni temen beli starter pack im2 broom unlimited, prosesnya emang ndak serumit telkomsel flash yang mesti ngisi form dan disurvey ke rumah.

    setelah dicoba ama temenku, katanya lumayan lambat. di sisi yang lain, sy masih menikmati kecepatan telkomsel flash. akhir2 ini lumayan cepet. tp ya sering mindah2 modem usb utk mendapatkan signal hsdpa😀

  15. kemaren gue beli smart.. lemotnya minta ampun.. soalnya banyak yang pke.. klo sktar 2 minggu yang lalu masih lumayan kenceng.. cz yang pke masih sedikit..
    yang mo beli smart pikir2 dulu deh..🙂

  16. thanks informasinya, saya lagi nyari modem murah dan provider yg murah juga:mrgreen: setelah baca-baca telkomsel ternyata tidak jauh beda dengan IM2, cuma kalo telkomsel mesti ngontrak kalo pengen modem dan fee per month juga lumayan sangar 25ribu bok… ntar deh pikir2, apa milih flash atau broom… hmmmmm

  17. mas irfanr udah banyak nyoba mobile koneksi ya saya di sukawai bali susah cari koneksi cepet apa bisa ya di sukawati bali pake im2 broom indosat? untuk sekarang yang ada sinyal data di sukawati bali cuman esia dengan modem wimode yang super lemot yah ktimbang ngak ada pilihan buat dagang kecil kecilan bantu ortu ya terpaksa pake si super lemot wimode bakrie yang super kaya diindonesia he he he…. mohon tanggapan kecilnya mas…!

  18. JANGAN KENA TIPU IM2, dimana aja pasti kalian nyesel pake kartu bo’ong itu…….
    1. sinyal macet2 (0,0 – 0,01kbps)
    2. download 1 minggu pertama ok, tapi begitu 2 minggu selanjutnya 1-3kbps
    3. konek keim2 siellllittttt, kadang invalid username harus nulis password lg
    4. semua terserah sama kalian, aku cuma kasih komentar apa aadanya, karena besok begitu im2 abis, saya ganti kartu lain pastinya, jika im2 ga berubah

  19. Saya harap semua jgn pake im2. Sinyal payah bgt. Saya pemakai im2. Setelah habis periodenya pgn berhenti deh..Najis bgt. Saya sering komplain ke IM2. TPi jawabannya sama aja, tetep ga ada perubahan. Koneksi susah.Kalo masalah tempat saya dah coba di jakarta sama bekasi. Ga ada perubahan. Lemot abis, klo lgi kenceng itu jarang bgt. Saya untuk sekarang ini berani jamin nyesel yg beli im2. Smart oke loh. Saya download lancar abis. Ga ada masalah tuh.Mungkin masalah pertama drivernya. Download aja driver terbarunya. Trs setting DNS nya (cari diinternet connection) isi 208.67.222.222 dan alternate nya isi 208.67.220.220. Coba deh bedain sama yg ga pake setting DNS

  20. daripada menyesal mendingan jangan beli IM2…
    saya sudah terlanjur beli dan kontrak 2 account im2
    sejak juli 2008 terlanjurrrr nyeselll dan rugi…

    388rb/month tuk setahun (IM2 classic) gratis modem….
    08070xxxx
    08060xxxx

    sinyal sering drop dan kalau mau komplain ke CS kadang susah bgt nyambung, or sengaja ngga diangkat telponnyaaa (CSnya dah capek kali dikomplain terus)….

    sebulan pertama sangat mengembirakan….bulan ke-2 dan seterusnya sengsaraa…
    tapi untung bulan ini lewat dah masa kontraknya…bulan depan ganti t.flash hanya 125rb sebulan…tapi harus cari software tuk unlock modem ZTE-im2nya…ada yg punya ngga gratisnya:))

  21. aku udh hampir 1 taon ini pake im2.. emang sih bulan bulan awal sering putus koneksinya ampe udh hopeless cm stelah penantian yg cukup panjang n tetep setia pake m2 ternyata koneksi m2 semakin hari semakin membaik kok.. denger” se indosat udah nambahin bandwith di daerah saya..
    TOP de ma indosat yg terus meningkatkan pelayanannya buat memuaskan konsumennya,, ^^

    • Saya tidak melihat ada itikad baik dari manajemen IM2 mengenai hal ini. Pada waktu yang lalu, ketika koneksi IM2 sudah santer dikabarkan banyak orang mengalami penurunan kualitas layanan, IM2 masih dengan rakus dan liciknya menjual starter pack IM2-nya walaupun koneksinya sudah jelas koneksi berbagi/sharing.

      Secepat apapun IM2 memperbaiki kualitas layanannya, saya pribadi gak akan mau lagi memakai layanan dari perusahaan yang jelas-jelas mau menipu konsumennya demi meraup keuntungan sebanyak-banyaknya (dibandingkan dengan XL yang hanya meng-issued 100 ribu starter pack, saya kira sudah jelas mana perusahaan yang mengutamakan keuntungan belaka atau memang peduli pada konsumennya😀 )

      After all, it’s just my opinion, kalo mau pake IM2 trus ya monggo …

  22. IM2 Unlimited saya sama kejadian kurang cepat lemot, Cepat pas di isi. Saya punya pengalaman saya belum pakai 2 GB saja sudah lemot banget, aduh ampuin deh nih koneksi.

  23. gua pake im2 broom unlimeted yg byrnya 100rb…

    lokasi di wisma 77, Slipi Jakarta Barat

    selama make im2 di kantor and di kostan lancar2 bro….

    minggu kmrn sempet ngedrop sih im2.. lambat gitu… tapi sekarang uda stabil lagi kok…

    uda enak makenya…

  24. tergantung kuat lemah sinyal HSDPA d wilayah anda masing2x, seberapa jauh lokasi anda dari menara BTS indosatm2……..klu lebih deket T-sel Flash ya pake itu aj……….drpada rugi trz triak2x wkwkkwkw

  25. waaaaahhhhh ..pada omongin im2 yaaa ???so far memang im2 kemarin sinyal nya sangat jelek skali ..saya juga mengakui nyaa, karna info nya.. bts mereka overload ,jadi g bisa nampung msisdn nya atau no account. tapi sejak akhir bulan juli kemarin, im2 sudah terbukti sinyal nya lancaarr ..saya coba di rumah, di daerah kebayoran lama ..speed nyaa 152 kbps, memang klo siang ada lemot sih di bawah itu ..tp mendingan laaahhh, dari pada sebelum nyaa … 0-3 kbps, ssuurrrraaaammmmmmm
    smoga ada keajaiban lagi dr im2 yg muncul untuk memperbaiki kinerja nyaaa ..

  26. sepengalaman gw make M2..sebenernya ini tergantung lokasi juga;ada lokasi yang emang padet banget ada juga yang ga;jadi pas gw bandingin koneksi di jakarta ama di cilegon beda jauh;di jakarta mo koneksi subuh aja emang rada susah tapi pas di cilegon..mo jam sibuk kek ato pun off peak ga ngaruh…malah jam 7-9 malem yg notabene jam sibuk…gw masih bisa dapet speed 150-200 kbps di cilegon dan ga putus² dengan Broom Unlimited nya. Bravo M2

  27. sepengalaman gw make M2..sebenernya ini tergantung lokasi juga;ada lokasi yang emang padet banget ada juga yang ga;jadi pas gw bandingin koneksi di jakarta ama di cilegon beda jauh;di jakarta mo koneksi subuh aja emang rada susah tapi pas di cilegon..mo jam sibuk kek ato pun off peak ga ngaruh…malah jam 7-9 malem yg notabene jam sibuk…gw masih bisa dapet speed 150-200 kbps di cilegon malah bisa tembus sampe 400an kbps dan ga putus² dengan Broom Unlimited nya. Bravo M2

  28. Im2 ngento************
    pertama x pke sich lancar2 aja tp stlh beberapa hr pke susah konex nya malah gagal trus username ma paswrd gua invalid pdhal username n paswrd gua dah bner ugh…..
    Brengsex !!!!

  29. gw sih dah pake im2 hampir setahun, memang awal2 digunaiin bagus cuma lama kelamaan wuuiiih…..makin ga bermutu, buat bulan ini ajah dari sejak isi pulsa 100rb tgl 25 sampai tgl 2 nya bener2 ga bs digunaiin, sinyal cuma o-1 bar, sampai 4 kali gw aduiin ga ada perubahan, tgl 3 akhirnya gw bisa gunaiin lg tp tgl 6nya kuota dah abis bayangin ajah 2gb abizzz dlm waktu 3 hari,,,,,ga jelas bgt kan, oke setelah itu gw ga mslh toh msh unlimitedkan cm speednya ajah turun, skrng lbh parah lg buat chatting ajah ga bs…….”skrng cuma 1 kata ajah buat IM2….. PARAAAAAH”, gw sih mo berbagi ajah ma semua mang lbh enak yg pasca bayar ajah, klo ada keluhan lbh diperhatiin, ketimbang kyk gw skrng…..dah beli modem hsdpa dah mahal,,,,,dongkol abizzzzzz
    thx, lega dah keluarin uneg2 gw….

  30. setuju…pokok’e IM2 parah abiss…baru aja Top Up semalam, tapi pas mo dipake..Lalo abisss…ga tengah malam, ga subuh2, tetep aja Lalo..dulu2 emang ga gitu…tapi sekarang kacau…sebel-sebel-sebel….Mana Tanggung jawabmu Indosat??? Jangan cuma jualin banyak barang doank dong….jaga juga kualitasnya….

  31. indosat emang luar biasa….. luar biasa lambatnya. walah, ni aku udah kecewa sama im2…..
    jangan ada yang mau ketipu lagi…
    lemot abis…. kalah jauh sama temenku yang pake smart
    padahal jarak dengan towernya cuma 200m… indosat emang busuk tu layanannya

  32. Neh pengalamanku jd kelinci percobaan.

    lokasi: kampung udik bgt
    target: bisa browsing aja dah cukup.
    sinyal: cuma gprs

    – colok modem, buka halaman aktifasi, trus bikin username&passwrd baru. wah.. agak lemot, tapi lancar2 aja.
    hati gembira ngebayangin browsing sepuasnya.

    – ok, trus ubah setting modem dgn username&passwrd yg baru.
    – trus….
    buka google.. RTO
    buka yahoo.. RTO
    pesbuk.. RTO juga.
    buka indosatm2.com.. eh tetap RTO

    aneh, padahal sblm aktifasi ok2 aja.

    hasil akhir: ga bisa buka web page apapun mpe skr.
    solusinya: online di warnet aja.
    aq mengaku berdosa telah jadi pelanggan im2, tp skr sudah TOBAT😀

  33. Sore semua…
    Ini sih sharing saja siapa tahu ada yg cocok make ini.
    ni speknya,pake kartu Telkomsel biasa ( hanya sebagai media) UNLIMITED NO QUOTA 256 Kbps”harga 60rb/bln,perdana 100rb
    Silakan menuju ke TKP langsung…http://cipcip-net.co.cc
    sms hotline : 081321297501

    txs

Tinggalkan Balasan

