Axioo Neon MNC dan Ubuntu Jaunty Jackalope

Akhirnya impian untuk punya laptop tercapai juga. Walaupun memang menguras kantong cukup dalam, semoga ini bisa terbayarkan dengan manfaat yang lebih besar di masa yang akan datang.

Kenapa Axioo? Pilihan saya jatuh pada Axioo pertama karena harga, namun tidak hanya itu. Berdasar info yang saya peroleh, Axioo kini cukup bagus dari segi pelayanan purnajualnya. Ketika saya lihat di situsnya, Axioo Service Point cukup banyak tersebar di kota-kota besar di Indonesia. (daftar service pointnya lihat disini ). Lagi pula cukup banyak teman saya yang saya lihat juga punya notebook Axioo, dan rata-rata berjalan 1 tahun cukup bagus, artinya tidak ada masalah berarti. Kalaupun ada, kita bisa datangi Axioo Service Point yang ada, walaupun saya sendiri juga berharap tidak akan terjadi apa-apa setidaknya dalam 2 – 3 tahun kedepan. Kenapa 3 tahun? Karena mungkin 3 tahun lagi, notebook yang saya beli ini pasti sudah usang, tergantikan oleh notebook lain yang lebih murah dengan spek yang labih bagus.

Berikut ini info-info tentang Axioo yang saya dapatkan dari hasil googling:
http://teknologi.vivanews.com/news/read/51647-krisis__axioo_tak_lakukan_perampingan
http://lukmanhermawan.com/laptop-axioo-memang-memuaskan-banget.html
http://www.terra.co.id/index.php?option=com_content&task=view&id=300&Itemid=2

Habis beli notebook, langsung deh saya coba install Ubuntu 9.04 (nama kodenya Jaunty Jackalope) ke notebook baru saya. Saya burn ISO hasil sedotan dari jaringan kantor punya temen ke dalam satu keping CD. Sebelum diinstall, saya coba pastikan itu Jaunty bisa jalan di komputer saya, dan tampaknya memang berjalan dengan mulus. Dengan penuh optimisme tinggi namun dengan penuh kewaspadaan, saya install ubuntu di notebook saya …

Hal yang mungkin agak menakutkan bagi yang komputernya dual OS (sudah ada OS sebelumnya, biasanya Windows XP :P), agak susah dan kuatir kalau melakukan partisi pada pengalaman menginstall Ubuntu versi sebelumnya, namun kali ini perkembangannya cukup bagus. Kini ketika kita memasuki tahap pertisi hard disk, sistem akan otomatis mengenali OS yang sudah ada (dalam kasus saya, Windows XP hasil instalasi toko) dan akan muncul peringatan jikalau kita memilih opsi untu memakai seluruh partisi yang ada (yang dalam ini akan menghapus OS yang sudah ada). Karena sudah agak terbiasa menginstall Ubuntu, biasanya saya memilih opsi untuk menginstall di partisi yang masih kosong (biasanya saya login ke Windows XP dulu, terus pastikan bahwa cukup banyak partisi kosong / bukan partisi FAT atau NTFS milik Windows dengan program pemartisi macam Partition Magic). Ubuntu akan otomatis menciptakan format partisinya berikut SWAP. Dan tanpa terasa Ubuntu 9.04 pun terinstall di Laptop saya :>

Berikut ini tampilan Ubuntu di Notebook saya (setelah beberapa penginstalan program-program dan pemasangan theme yang baru):

Ubuntu Jaunty

Beberapa hal yang saya lakukan setelah berhasil menginstall Ubuntu adalah:

Install wvdial
Entah mengapa, di instalasi Ubuntu saya tidak tersedia wvdial secara default. Instalasi manual wvdial adalah prioritas saya karena saya tidak dapat melakukan update repository dan menginstall program-program baru tanpa terkoneksi dengan internet terlebih dahulu.

Install driver SIS mirage
Ternyata Axioo Neon MNC saya ini pake SIS Mirage untuk chipset videonya. Tampilan resolusi yang pertama muncul adalah 800×600, udah gitu layar sering teracak secara tiba-tiba jika notebook ditutup kemudian dibuka lagi. Setelah browsing-browsing Google, ternyata sudah ada driver tidak resmi SIS Mirage khusus untuk Ubuntu. Infonya disini dan download drivernya disini.

install lib untuk mp3
Untuk mencaritahu paket apa saja yang harus diinstall agar bisa memainkan mp3 cukup gampang. Tinggal putar saja mp3 dengan Movie Player, biasanya sistem akan mendeteksi plugin yang kurang dan merekomendasikan plugin-plugin yang harus anda install untuk bisa memainkan format file yang berkesesuian.

Install VLC
Karena menurut pengalaman saya, secara default Ubuntu tidak bisa memutar format video seperti .avi, .flv atau .rmvb, biasanya saya menginstall vlc yang mungkin secara otomatis juga menginstall plugin yang berkesesuaian dengan format-format video itu.

Install Firefox addon plus, flashblock, downthemall
Install plugin-plugin yang biasa saya pakai, yang sebagian besar untuk mempercepat browsing dan download.

Install gparted
Ini juga cukup penting untuk melihat partisi disk kita, dan mungkin di masa datang kita ingin melakukan partisi lagi.

Install Firestarter
Ini firewall untuk Ubuntu. Penting juga untuk mengontrol arus internet yang keluar masuk, biar bandwith gak terbuang percuma untuk sesuatu yang tidak kita kehendaki.

Install LAMP
Penting bagi developer PHP atau yang hobi utak-atik PHP dan kawan-kawannya.

Install Mozilla Sunbird
Kalau untuk personal scheduling, biasanya saya pakai ini. Sangat efektif bagi kita untuk mengatur dan merencanakan jadwal sehari-hari, dan mungkin kalau mau kita juga bisa mengintegrasikannya dengan Google Calendar.

install JDK dan Netbeans
Bagi para developer yang cari makan dari coding Java, sudah pasti wajib untuk download JDK. Netbeans diinstall setelah JDK ada. Netbeans juga bisa digunakan untuk develop PHP dan bahasa pemrograman lainnya, atau anda bisa menggunakan IDE lainnya seperti Eclipse.

Hmm, install apa lagi ya? Mungkin cukup ini yang baru terlintas di pikiran. Silakan kalau ada yang mau sumbang info software-software bagus yang layak diinstall di Ubuntu …

64 thoughts on “Axioo Neon MNC dan Ubuntu Jaunty Jackalope

    • Axioo Neon MNC0512 yang HD-nya 160 GB (padahal seharusnya ada yang 250 GB😛 ).

      Kinerjanya sejauh ini biasa-biasa aja sih. Gak ada masalah. Samalah kayak laptop kebanyakan. Cuman beda merk doank😀

      Untuk instalasi Ubuntu gak ada masalah berarti. Palingan ya cuman masalah wvdial yang gak pre-installed ama SIS Mirage-nya (yang untungnya ada driver gak resminya, jadi gak ada masalah display lagi setelah install itu driver tidak resmi).

  1. Saya baru beli Axioo Neon MNC0512 yang HD-nya 250 GB, core 2 du0, memory 1gb, sekarang saya pakai winxp2. Kalau pkai Window Vista bisa tidak ya… mohon pencerahan…

  2. bos, aku punya laptop yg sama, tapi hd 250 Gb🙂
    tapi wifi nya koq gk aktif, punya dirimu berfungsikah?🙂

    ada solusi gk biar wii-nya jalan

    thanks

    • Aku coba di windows gak ada masalah sih, jadi seharusnya wifinya gak apa-apa. Kalo di Ubuntu aku juga agak kesulitan nyambung ke access point-nya kantor (walaupun yakin wireless key-nya dah bener), bisa nyambung sih, tapi kecepatannya lambat banget … (harus install apa lagi ya biar bisa normal)?

      Btw, wifi gak aktif apa maksudnya yang diaktifin pake Fn-F11 itu ya? Tinggal lihat lampu LED yang ketiga dari kiri aja, kalo nyala berarti wireless-nya aktif …

    • nah ini emang klasik buat wifinya…
      nih langsung saya kasi solusi dari teman kita…
      Download drivernya di http://ubuntuforums.org/attachment.php?attachmentid=111328&d=1240801314 (Login dulu untuk bisa donlot drivernya)
      trus ekstrak, dan cd ke folder hasil ekstrakan….
      biasanya pilih ekstrakan pada directory HOME

      install drivernya dengan perintah

      $sudo make
      $sudo make install
      Setelah driver terinstall, blacklist driver lama yang ada di direktori
      $ cd /etc/modprobe.d/
      sudo gedit blacklist.conf
      dan tambahkan
      # old drivers
      blacklist rtl8187
      restart…lihat apa yang akan terjadi…

      nah bagi pengguna AXioo harus sabar-sabar aja ya buat so linux. tapi di samping itu ada ilmunya kok!!

  3. mas….
    saya install ubuntu 9.04 di Benq r43….

    drivernya pake sis 672….

    memang setelah di install mw resolusinya bagus…

    tapi kok ga bisa ngeredupn cahaya layarnya ya??????

    mohon bantuan

  4. saya juga pake axioo mnc115p, oke-oke aja, gampang, harga dibawah laptop merek lain, axioo okeeeeeeeeeee………………e

    • boleh ga kirim driver axioo mnc115pnya,,,punya w kebuang ma bini w,,,,dia kira vcd karaoke,,,,jd BT….nyari lagi kan repot….ok trims ya atas kirimannya….

  5. Wah saya juga pakai neon 115mnc, barusan selesai install wvdial, skrg masih buntu soal resolusi, moga2 dengan info di atas saya bisa rubah resolusi ke yg lebih baik lagi.

    • w malah punyeng ma axioo,,,,gmn ga puyeng bro…..pegang komputer baru aja….maksudnya mo belajar gtu…coba install eh….ternyata ga punya drivernya,,,,akhirnya sampe sekarang ga bisa bunyi tu…..untung gambarnya nongol…jd ga BT …BT…amat awalnya….lama2 BT juga…bs bantu ga bro…

  6. Salam kenal Bang Irfan,…
    Saya beli MNC 0152 udah dari 3 bulan lalu dengan dibekali win xp sp2 dari hasil installasi toko. CD yg saya terima ada linux recovery cd (kalo gak salah distronya Klixs 2007-yg udah dire-master), dari situ saya pengen banget nyicipin yang namanya linux (demi legalitas juga sich), mulai dech googling dan coba2, mana yg paling gampang n enak. Jatuh hati sama Ubuntu, install dan Jreng…… selalu ada masalah di VGA itu dan setiap conect jaringan kantor (dengan ip statis) notebook saya selalu gak bisa mbuka file komputer lain (yg OSnya Windows semua), anehnya kalau pake internetan dengan koneksi speedy jaringan kok bisa?.
    Karena Recovery CD bawaan akan menghapus seluruh isi HDD (250GB), saya cuman nyoba liveCD nya aja. Dan ternyata,…. gak masalah tuch. Kesimpulan : berati MNC 0152 ini sekalipun pake linux, bisa bersahabat dengan Windows……
    Jadi mohon pencerahan dengan masalah saya yang baru Dua tadi (satunya dah ketemu masalah vga)… cara setting ip yg benar gimana?

    Makasih sebelumnya.. (saya komen ini pake ubuntu dengan koneksi Speedy dalam jaringan kantor.)

    • Koneksi ke share windows ya? Hmm, saya koq bisa ya? Apa karena saya dulu dah install cntlm ya? Coba deh pak asep install, trus coba nyambung lagi, sapa tau bisa?😀

  7. salam kenal mas irfan ,,
    saya mau beli axioo MNC 0222 katanya bentuknya sama kaya MNC152 .. kalo boleh nanya axio tu tahan brapa taon ya trus rencananya axioo 0222nya mau tak pake nge game .. kira2 bisa gag ya..?

    • Laptopku berjalan 5 bulan, sejauh ini alhamdulillah sama sekali belum ada keluhan …

      Temen2ku yg pake Axioo saat ini rata2 aku lihat 2 tahun berjalan baik-baik aja tuh kata mereka. Padahal katanya kualitas Axioo 2 tahun lalu masih kalah jauh dari keluaran tahun ini (katanya plastiknya Axioo dulu kualitas rendah, gak tau yg sekarang, udah lebih bagusan kali ya😛 ). Service Point-nya cukup banyak koq, jadi gak perlu kuatir kalo memang terjadi apa-apa …

      Kalo untuk nge game sih, tergantung games nya kalee. Mending sebelum beli tanya dulu aja sama dealernya, bisa dimainin game spesifik gak … (ato mending beli desktop PC aja😛 )

  8. Mas mau nanya, laptop saya axiio zetta ten dan saya pake speedy. Saya sudah menginstall linux 9.04. touchpad jalan karena sudah saya kasih i8042.nomux=1. Nah sekarang masalahnya laptop saya sering hang. Saya cari google katanya tambahkan noapic nolapic. Setelah ditambahkan noapic nolapic pada parameter boot kernel, memang tidak hang lagi tetapi saya tidak dapat terhubung ke jaringan. Menggunakan dhcp ataupun static ip juga tidak bisa conect. Sedangkan kalo tidak menggunakan noapic nolapic saya bisa terhubung ke jaringan. Mohon bantuannya.

  9. Pake Axioo MNC 125P,
    baru pake semalam udah keluar bunyi tit tit tit terus slama skitar 2 menit udah itu mati. Dihidupkan meski diam aja di bios sama aja keluar tit tit tit dan mati.
    Ada 3 led indikator yg ikut barengan berkedip seiring bunyi tit tit tit itu,ketiganya led bergambar gembok.
    Nih barang sbenarnya knp ?!Padahal ga panas dan gw cuma pake win xp sp 3.
    Menghambat kerja!

    • biasanya itu ic powernya. klo dah dicolokin ke cargernya tapi ttp kya gitu kemungkinan motherboardnya bisa dengan upgrade bios tapi kemungkinan berhasilnya kecil.
      solusi terbaik ya bawa ke service center aja bro…

  10. Mas, saya menggunakan Axioo MNC 815c dengan Ubuntu Koala Karmic.
    Saya juga punya masalah dengan resolusinya, mentok di 800×600
    saya suda mencoba menginstall drivernya sis tapi ngga pengaruh
    Ada pemecahan lain ngga ya, mas?

    • Hmm, Koala ya? untuk settingan resolusinya saya gak tau, katanya Koala udah gak pake xorg.conf lagi ya?

      Coba cari di google, siapa tau ada driver yang lebih baru, coba keyword di google-nya pake nama drivernya yang spesifik, atau kalo dah mentok gak bisa, coba tanya di ubuntuforums.org atau milis id-ubuntu aja …

      Sori gak bisa bantu banyak …

    • Driver VGA maksudnya? download aja dulu, bisa langsung atau lewat windows. Kalo dah didonlot, kan tinggal dobel klik aja, terus install (kalo udah jadi paket .deb).

  11. Mas, laptop saya axioo neon mnc 1252 (spek: cpu core2duo 2.10ghz, ram 2gb, vga 128 share). Kemaren saya sudah pernah install ubuntu karmic 9.10, dan ternyata resolusi maksimal cuma bisa 800×600. Saya sudah muter2 cari drivernya gak dapet juga, denger2 sih katanya karmic emang susah di chipset vga sis.

    Nah, sekarang saya pengen nyoba pakai ubuntu 9.04 jaunty. Kira2 bakal ada masalah vga lagi nggak ya?
    Kalau iya, dimana kira2 saya bisa mendownload drivernya? Apa link yg mas post diatas bisa juga dipakai buat seri mnc 1252?

    NB: vga saya sis mirage 3 (chipsetnya sis 672)
    Terima kasih sebelumnya😀

  12. mo ikutan nanya nih, saya pakai ubuntu 9.10 (karmic koala) yang saya sandingkan dengan Windows XP SP3, jenis laptop saya axioo mnc 115p. Yang selalu menjadi ganjalan adalah resolusi layar yang selalu 800×600 saat menggunakan Linux (kebetulan saya sudah pakai Ubuntu sejak Intrepid Ibex). Saya udah coba install driver Sis Mirage3 untuk Ubuntu versi Jaunty jackalope di karmic koala juga nggak jalan (nggak bisa resolusi 1024×600). Apakah ada driver lainnya ??? Kalau ada mohon info downloadnya dimana dan bagaimana proses instalasinya.
    Thanks

  13. mas, saya mau tanya… di axioo mnc saya, tidak bisa untuk konek menggunakan wifi. itu kenapa ya.
    padahal wifi sudah bisa mendeteksi akses point di sekitarnya, tapi ketika sudah memasukkan passkey, malah ndak mau masuk terus.. padhal passkey sudah sesuai yang diberikan admin. namun jika pake windows tidak ada masalah..

    itu kenapa ya??
    thanks

  14. mas , mau nanya >> kenapa kalau setelah saya install driver vga notebook axioo mnc 115p , pasti selalu blue screen ?????? padahal saya baru saja install ulang windows , baru 4 hari mass …..
    apakah driver vga bawaan axioo tidak cocok dengan Notebook saya ?????

    TRIMS >>>

  15. aku make axioo neon 1252 spek kan lumayan tu

    tapi kok untuk maen game seperti seal ayodance ga bisa ya…

    coba di kasi tau… abisnya kadang2 bosen si mau maen game malah ga bisa..

  16. mas-mas…
    ada yang tahu BIOS terakhir/latest dari MNC 0152, saya cari di WEB resminya nggak ada.
    versi BIOS saya pada waktu pertama beli :

    BIOS Vendor: Phoenix Technologies LTD
    BIOS Version: 6.00
    BIOS Release Date: 03/26/2009
    BIOS Start Segment: E532
    BIOS Size : 1024 KBytes

    atau mungkin sudah nggak ada update lagi yah…..?

    Thank’s

  17. mas numpng nanya punya pke neon mnc juga VGA nya lemah buat main game….. kira2 bisa di upgrde ga VGAnya….. supay lancar main gameny…

  18. bagi para gamer yaah mohon di maklumi z low axioo bermasah sama VGA…. ane pke axioo NMC 512.. buat maen PES 2010 terpaksa juga make resulosi yang low ttp z melot gambarnya.. tapi dari pengalaman aq baik make axioo selama 1 tahun XP sama Vista ga ada masalah tuh walaupun banyk aplikasi yang di instal di dalam windows.. untuk windows 7 juga ga ada paling2 maslah driver aja yg ga support.. tapi di situs axioo resmi sudah tersedia semua kok.. jadi tinggal sedot aja boz…

  19. ketik (dxdiag) di menu run pada start menu. gw pnya axioo neon mnc 1252, bwt game mantep lah, q pake xp, trus q ganti ke 7, ga da mslh si, cuma ga da driver video yg cocok bwt axioo q dgn windows 7 apa ya? q coba driver brmcm2 tp ga bisa jg, jd q ganti ke xp lg, habis pke 7 emang keren, tp ga bisa bwt nge game 3D ya percuma. da yg tau tempat download driver paling komplit?

  20. sebelumnya saya maaf dan saya ucapakan terima kasih untuk share mas, aku anak desa yang baru belajar komputer, mau nanya mas, aku pakek linux backtrack 4 di axiio mnc 115c, semua OK, driver juga udah OK sich, tapi hanya mampu 800×600 aja, driver sudah saya install, tapi waktu masuk ke $startx ada masalah, katanya driver tidak tersedia, terpakasa saya edit lagi xorg.conf jadi defaults lagi….mohon pencerahan mas……sebelumnya maaf lok selalu pertanyaan kayak gini diulang2, saya sudah baca artikelnya mas, ma comment2, tapi kok tetep g jalan ya……:)

  21. Pretty section of content. I just stumbled upon your web
    site and in accession capital to assert that I get in fact enjoyed account your blog posts.
    Any way I’ll be subscribing to your feeds and even I achievement you access consistently quickly.

  22. Definitely imagine that that you stated. Your favorite justification seemed to be at the web the easiest thing to be mindful of.

    I say to you, I certainly get annoyed at the same
    time as folks consider concerns that they just do not realize about.

    You managed to hit the nail upon the top and also outlined out the
    entire thing with no need side effect , other people can take a signal.
    Will probably be again to get more. Thank you

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s